Google Diduga Mata-Matai Pengguna iPhone


Google telah memata-matai jutaan pengguna iPhone di seluruh dunia. Dalam laporan The Wall Street Journal yang dipublikasikan Jumat (17/2), Google bekerja sama dengan banyak biro iklan untuk menempatkan kode komputer khusus pada jutaan iPhone. Ini memungkinkan Google untuk melacak perilaku pengguna iPhone.

Namun begitu, Google telah membantah bahwa kode itu memantau kegiatan pengguna iPhone.  Menurut Google, kode yang tertanam, atau cookies pengguna  hanya aktif ketika pengguna masuk ke salah satu layanan Google, misalnya Gmail. Meski demikian, perusahaan mengakui bahwa kode tidak sengaja memperbolehkan cookies iklan Google Web terinstal langsung tanpa izin pengguna.
Menurut laporan tersebut, web browser Apple Safari sebenarnya sudah menghalangi pelacakan, tetapi Google menggunakankode "trik" browser sehingga dapat memantau perilaku pengguna iPhone.
Peneliti Stanford University Jonathan Mayer kepada The Wall Street Journal menemukan bahwa  kode pelacakan Google dipasang di iPhone di  23 sampai 100 website . Kode ditanamkan pada iklan dari Fandango.com, Match.com, AOL.com, TMZ.com, UrbanDictionary.com, dan sejumlah situs lain. Setelah kode terpasang, Google dapat mengikuti gerakan pengguna di sejumlah besar website.

0 komentar:

Posting Komentar